Belajar Sejarah di Museum Purbakala Sangiran

Wisata —Jumat, 12 Nov 2021 15:41
    Bagikan  
Belajar Sejarah di Museum Purbakala Sangiran
Belajar Sejarah di Museum Purbakala Sangiran/ Pinterest

SRAGEN, MATAJOGJA

Mengunjungi tempat bersejarah memang menjadi impian semua orang, karena di tempat inilah wisatawan dapat mendapatkan ilmu baru. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tempat bersejarah yang sangat unik. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tempat bersejarah yaitu daerah Sragen. Untuk eisatawan yang datang ke Sragen, jangan lupa menyempatkan diri untuk datang ke Museum Purbakala Sangiran.

Museum Purbakala Sangiran merupakan tempat wisata yang sangat mengedukasi. Dengan adanya tempat ini, wisatawan bisa mengetahui kehidupan manusia pada masa lampau. Museum Purbakala Sangiran menjadi tempat yang memiliki situs fosil manusia sangat lengkap di Jawa. Tidak hanya fosil manusia purba saja, museum ini juga dilengkapi dengan hasil budaya manusia purba, fosil flora, dan fauna purba.


Daya Tarik

Museum Purbakala Sangiran memiliki banyak koleksi bersejarah yang bisa dipelajari oleh wisatawan. Siapapun yang datang ke tempat ini pasti tidak akan bosan karena banyaknya fosil-fosil pada zaman dahulu. Koleksi yang ada di museum ini diantaranya:

1. Fosil binatang bertulang belakang, seperti Bubalus palaeokarabau (kerbau), Mastodon sp (gajah), Elephas namadicus (gajah), Stegodon trigonocephalus (gajah), Sus sp (babi), Bovidae (sapi, banteng), Cervus sp (rusa dan domba), Felis palaeojavanica (harimau), dan Rhinoceros sondaicus (badak).

2. Fosil binatang laut dan air tawar, seperti ikan dan kepiting, gigi ikan hiu, Moluska (kelas Pelecypoda dan Gastropoda), Crocodillus sp (buaya)Chelonia sp (kura-kura), foraminifera, dan Moluska (kelas Pelecypoda dan Gastropoda

Baca juga: Drama Korea Meow The Secret Boy, Kisah Seekor Kucing Jelmaan Manusia

Baca juga: PT Semen Gresik dan PWI Jateng Kembali Berkolaborasi Selenggarakan UKW

3. Fosil manusia, seperti Homo neanderthal Eropa (replika), ustralopithecus africanus (replika), Pithecanthropus mojokertensis (Pithecanthropus robustus) (replika), Homo neanderthal Asia (replika), Homo sapiens dan Homo soloensis (replika).

4. Artefak batu, antaralain serut dan gurdi, serpih dan bilah, kapak perimbas-penetak, kapak persegi dan bola batu

5. Bebatuan, seperti batu meteor, Rijang, diatom, dan Kalsedon.


Rute dan Lokasi

Museum Purbakala Sangiran memiliki lokasi yang strategis, berada di Desa Krikilan, Kec. Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh untuk sampai ke tempat ini sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Solo, kamu harus mengarahkan kendaraan menuju Purwodadi sekitar 15 km. tetapi untuk wisatawan yang akan datang ke tempat ini disarankan emmbawa kendaraan pribadi karena belum ada sarana transporasi umum


Harga Tiket dan Fasilitas

Museum Purbakala Sangiran mulai beroperasi pada pukul 08:00 sampai pukul 16:00. Harga tiket untuk masuk ke tempat ini sagat terjangkau, diantaranya:

1. Tiket masuk wisatawan lokal Rp. 3.500/ orang

2. Tiket masuk wisatawan asing Rp. 7.500/ orang

3. Tiket masuk museum sangiran Rp. 1.500/ orang


Fasilitas yang ada di Museum Purbakala Sangiran sangat lengkap, diantaranya:

- Area parkir

- Toilet

- Audio visual

- Ruang pameran

- Gardu pandangan sangiran

- Cinderamata. (NL)

Dilansir dari: Matajateng.com


Baca juga: Agrowisata Bhumi Merapi, Destinasi Wisata yang Mengedukasi

Baca juga: Menikmati Keindahan Candi Ratu Boko Yogyakarta

Baca juga: Mengabadikan Momen di The Lost World Castle Yogyakarta

Baca juga: Mengunjungi Benteng Willem II Ungaran, Tempat Bersejarah di Semarang

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait