Belajar Sejarah Jawa Pada Masa Lalu di Museum Ullen Sentalu

Wisata —Rabu, 3 Nov 2021 10:11
    Bagikan  
Belajar Sejarah Jawa Pada Masa Lalu di Museum Ullen Sentalu
Belajar Sejarah Jawa Pada Masa Lalu di Museum Ullen Sentalu/ Fto: Istimewa

YOGYAKARTA, MATAJOGJA

Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal akan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Tidak hanya keidahan alamnya saja, berbagai kuliner yang ada di Yogyakarta membuat siappaun yang mencicipinya akan ketagihan. Bahkan, orang asing pun banyak sekali yang berkunjung kr Yogyakarta untuk menikmati keindahan alam dan mencicipi kulibernya.

Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu destinasi wisata dengan pemandangan ala yang sangat indah. Tidak hanya pemandangan alamnya saja, tetapi wisatawan yang datang ke tempat ini akan mendapatkan ilmu baru karena tempat ini menyimpan banyak jejak sejarah.


Daya Tarik

Tujuan pembangunan Museum Ullen Sentalu ini diharapkan menjadi tempat yang mengedukasi perihal sejarah Jawa di masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Tempat ini juga memiliki makna dalam namanya, kata Ullen Sentalu merupakan singkatan dari filosofi jawa yaitu Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku, yang berarti Terang Adalah Penuntun Jalan Kehidupan.

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat No Bake Strawberry, Dessert Lezat Anti Ribet

Baca juga: Atlet Papernas Asal Sumut Dapat Kejutan dari Ganjar

Wisatawan yang datang ke Museum Ullen Sentalu tidak akan merasa bosan karena banyak sekali tempat menarik disini. Wisatawan akan diarahkan oleh Guide selama berada di museum ini, salah satu tempat yang harus di kunjungi yaitu Tur adiluhung mataram. Ruangan ini menjadi tempat yang dipenuhi oleh jejak sejarah dan budaya mataram di jaman lampau. Setelah dari Tur adiluhung mataram, selanjutnya wisatawan akan diarahkan menuju Tur Vorstenlanden. Ruangan ini dipenuhi dengan dipenuhi dengan bukti sejarah, dan budaya pada masa keemasan Kesultanan Yogyakarta, dan Kasunanan Surakarta.


Rute dan Lokasi

Museum Ullen Sentalu memiliki lokasi yang sangat strategis, tepatnya berada di Jl. Boyong Kaliurang, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DIY. Yogyakarta. Rute yang harus di tempuh untuk sampai ke tempat ini sangat mudah. Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari pusat Kota Jogjakarta, kamu hanya perlu menempuh jarah sekitar 25 Km.


Harga Tiket dan Fasilitas

Museum Ullen Sentalu mulai beroperasi pada pukul 08:00 sampai pukul 16:00.  Biaya yang harus di keluarkan untuk masuk ke tempat ini beragam, sesuai dengan paketan yang dipilih, diantaranya:

1. Tiket masuk Tur Adiluhung Mataram wisatawan Indonesia Rp. 50.000/ orang

2. Tiket masuk Tur Adiluhung Mataram wisatawan asing Rp. 100.000/ orang

3. Tiket masuk Tur Vorstenlander Rp. 100.000/ orang

Fasilitas yang ada di tempat ini sangat lengkap, diantaranya:

- Area parkir

- Toilet

-Barang bersejarah

- Giude. (NL)

Baca juga: Mengabadikan Momen di Studio Alam Gamplong dengan Konsep yang Instagramable

Baca juga: Keindahan Air Terjun yang Berundak-undak di Ekowisata Sungai Mudal

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Bukit Penguk Kediwung Yogyakarta

Baca juga: Mengabadikan Momen di Heha Ocean View dengan Keindahan Pantai yang Mempesona

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait