Destinasi Wisata Jogja: Goa Kidang Kencana dengan Pesona Sungainya

Wisata —Senin, 11 Oct 2021 13:06
    Bagikan  
Destinasi Wisata Jogja: Goa Kidang Kencana dengan Pesona Sungainya
Destinasi Wisata Jogja: Goa Kidang Kencana dengan Pesona Sungainya/pinterest

MATAJOGJA

Sungai bawah tanah merupakan salah satu daya tarik dari Goa Kidang Kencana. Goa Kidang Kencana merupakan bagian dari barisan perbukitan Manoreh. Goa ini memiliki panjang lorong yang diperkirakan mencapai 350 meter.Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan stalagmit dan stalaktit yang masih terjaga alami di dalam goa. 

Goa Kidang Kencana adalah salah satu tempat wisata yang cocok bagi para pecinta petualangan dan menantang. Eksotis dan cukup menegangkan, itulah sedikit ungkapan yang menggambarkan tempat wisata ini.

Ada mitos yang melekat tentang asal usul goa ini. Ratusan tahun lalu, konon ada seorang petani yang bernama Bongsoriyo. Selain bercocok tanam, Bongsoriyo juga memiliki ternak seperti sapi dan kambing. Suatu saat, Bongsoriyo tengah mengembala ternaknya didaerah sekitar goa. Ketika menggembala, karena lelah Bongsoriyo tertidur dengan alas seadanya.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Bermain Air dan Berfoto di Taman Sungai Mundal

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Puncak Kosakora Bukit Pesisir Pantai dengan Pemandangan Cantik

Saat tertidur Bongsoriyo bermimpi hewan ternaknya bertambah banyak. Hewan ternak tersebut sekilas seperti kambing, namun saat di dekati hewan itu adalah rusa. Rusa tersebut lari kedalam goa. Itulah mitos yang masih melekat hingga saat ini.

Menurut warga sekitar, ada beberapa yang melihat rusa berkeliaran didalam goa. Namun rusa tersebut hanya berjumlah dua yang tak berkurang atau bertambah.

Rute dan Lokasi

Rute yang di tempuh dari pusat kota Jogja adalah lewat Jalan Godean. Jalan akses menuju goa ini sudah bagus karena sudah di co beton.

Lokasi goa ini terletak di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kec. Girimulyo, Sebrangkidul, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Melihat Jejak Manusia Purba di Goa Rancang Kencono

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Berseluncul dan Berfoto Gumuk Pasir Parang Kusumo  

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk sendiri pengunjung hanya perlu bayar seikhlasnya. Namun para wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu. Untuk tarif pemandu hanya Rp.25.000 saja per orang dan sudah termasuk sewa helm, dan alat pengaman lainnya.

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri masih sangat terbatas, belum ada toilet umum dan fasilitas pendukung lainnya, lahan parkirnya juga adalah lahan dari warga sekitar.

Jam Buka

Goa Kidang Kencana buka setiap hari dari jam 9.00 sampai jam 16.00 WIB.

Jika berkunjung kesini siapkan baju ganti dan berhati-hati jika membawa kamera karena di dalam goa sangat lembab. Jangan buang sampah sembarangan di area goa dan tetap patuhi arahan dari pemandu.(FR)

Baca juga: Destinasi Wisata Joga: Pesona Taman Sari Ngayogyakarta Hadiningrat

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pesona Pantai Nglambor yang Eksotis

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait