Destinasi Wisata Jogja: Melihat Jejak Manusia Purba di Goa Rancang Kencono

Wisata —Sabtu, 9 Oct 2021 15:59
    Bagikan  
Destinasi Wisata Jogja: Melihat Jejak Manusia Purba di Goa Rancang Kencono
Destinasi Wisata Jogja: Melihat Jejak Manusia Purba di Goa Rancang Kencono/pinterest

MATAJOGJA

Goa Rancang Kencono merupakah salah satu wisata alam yang berada didaerah Gunungkidul Yogyakarta. Goa yang indah ini juga masih menyimpan misteri, karena di temukan mozaik bekas manusia purba sejak ribuan tahun lalu.

Goa Rancang Kencono ini memiliki pemandangan stalaktit yang indah dan juga menyimpan banyak cerita sejarah. Karena itulah goa ini dijadikan objek wisata alam dan bisa sambil menambah wawasan.

Unutk masuk ke goa ini kita harus menuruni tangga terlebih dahulu, karena bentuk goa ini vertikal ke bawah tanah. Ada keunikan lain dari goa ini yaitu, pohon Klumpit yang tumbuh melebihi atap goa.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Berseluncul dan Berfoto Gumuk Pasir Parang Kusumo  

Baca juga: Destinasi Wisata Joga: Pesona Taman Sari Ngayogyakarta Hadiningrat

Rute dan Lokasi

Jika dari pusat Yogyakarta ke timur melewati jl Panembahan Senopati, lalu belok ke selatan melewati jl Brigjend Katamso lurus terus sampai pertigaan, belok ke timur melewati jl Kolonel Sugiyono lurus terus sampai pertigaan, belok ke selatan melewati jl Sisingamangaraja lurus terus sampai melewati jl Imogiri Barat lurus terus sampai perempatan Ringroad selatan belok ke timur melewati jl National rte 3 lurus terus sampai perempatan, lalu belok ke selatan melewati jl Imogiri timur lurus terus sampai pertigaan ke timur jalan terus sampai pertigaan belok ke selatan melewati jl Pleret sampai pertigaan belok ke timur melewati jl Sugeng Riyadi sampai pertigaan belok ke timur melewati jl Segoroyoso, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Goa Rancang Kencono.

Lokasi tempatnya berada di Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Hutan Mangrove Kulon Progo dengan Spot Foto yang Menarik

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan ini wisatawan harus membayar Rp.35.000/orang saja. Untuk biaya parkir pengunjung dengan kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp.2.000 dan untuk roda empat Rp.5.000.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung telah dikembangkan oleh penduduk sekitar dan pemerintah daerah sehingga menjadi cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia diantaranya :

  • Toilet
  • Mushola
  • Area camping

 

Untuk menjaga kelestarian tempat wisata ini diharapkan pengunjung jangan buang sampah sembarangan dan patuhi tata tertib yang berlaku.(FR)

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pesona Pantai Nglambor yang Eksotis

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait