Destinasi Wisata Joga: Pesona Taman Sari Ngayogyakarta Hadiningrat

Wisata —Jumat, 8 Oct 2021 14:17
    Bagikan  
Destinasi Wisata Joga: Pesona Taman Sari Ngayogyakarta Hadiningrat
Destinasi Wisata Joga: Pesona Taman Sari Ngayogyakarta Hadiningrat/pinterest

MATAJOGJA 

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta atau Taman Sari Ngayogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765, yang dapat dibandingkan dengan Taman Sari Surakarta dan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor.

Pada awalnya,  taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden". Taman ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Konon, Taman Sari dibangun di bekas keraton lama, Pesanggrahan Garjitawati, yang didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat istirahat kereta kuda yang akan pergi ke Imogiri. Seluruh biaya pembangunan ditanggung oleh Bupati Madiun saat itu, Tumenggung Prawirosentiko, beserta seluruh rakyatnya. Oleh karena itu daerah Madiun dibebaskan dari pungutan pajak pada masa tersebut.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pesona Pantai Nglambor yang Eksotis

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi

Walaupun secara resmi sebagai kebun kerajaan, namun bebrapa bangunan yang ada mengindikasikan bahwa Taman Sari berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir jika istana diserang oleh musuh.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Sari ini sebesar Rp.5.000/orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan biaya tiket untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp.15.000/orang.

Jam Buka

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 9.00 sampai jam 15.00 WIB.

Rute dan Lokasi

Lokasi Wisata Taman Sari terletak di Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Taman Sari dari berada di pusat kota Jogja, maka ke arah selatan menuju keraton Jogja atau alun-alun utara Jogja. Sekitar 1 kilometer dari lokasi alun-alun selatan Yogyakarta. Jika sudah bertemu lokasi alun-alun utara, lanjutkan menuju ke sebelah barat alun-alun sampai bertemu perempatan pertama. Setelah itu sobat berbelok kiri lalu mengikuti jalan dan petunjuk arah.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pesona Air Terjun Lepo Dlingo

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pantai Indrayanti dan Pasir Putihnya yang Mempesona

Fasilitas Pendukung

  • Akses untuk wisatawan disabilitas
  • Toilet
  • Pemandu wisata
  • Kantin

Ini sangat rekomendasi untuk sobat semua jika suka berswafoto. Tempat wisata ini sangat luas dan instagramable tempat ini juga ramah disabilitas. Jika sobat berkunjung ke sini tetap patuhi prokes dan jangan buang sampah sembarangan ya! (FR)

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Hutan Mangrove Kulon Progo dengan Spot Foto yang Menarik

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait