Destinasi Wisata Jogja: Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul

Wisata —Kamis, 7 Oct 2021 14:23
    Bagikan  
Destinasi Wisata Jogja: Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul
Destinasi Wisata Jogja: Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul/pinterest

 MATAJOGJA

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.

Wisatawan yang  berkunjung ke Goa Pindul biasanya melakukan kegiatan cave tubing yaitu menyusuri aliran sungai yang ada di dalam goa pindul menggunakan ban. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Legenda penamaan Gua Pindul yang dipercayai dan dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari sang ayahnya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang mempunyai aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur batu yang ada di dalam gua. Gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul yang bahasa Jawa pipi gebendul yang berarti pipi yang terbentur.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Hutan Mangrove Kulon Progo dengan Spot Foto yang Menarik

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pesona Air Terjun Lepo Dlingo

Akses dan Lokasi

Jika sobat memulai perjalanan dari Jogja, sobat semua bisa ambil arah menuju bukit bintang. Dari jalan ini sobat hanya perlu mengikuti jalan tersebut sampai melewati Hutan Tleseh sampai ke pertigaan Gading lalu ambil arah ke Wonosari. Jika sudah sampai tugu batas kota kawan semua bisa lanjut bertanya ke warga sekitar.

Lokasi Goa Pindul terletak di Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke kawasan Goa Pindul ini mematok biaya Rp.10.000 dan harga masuk ke kawasan Goa Pindul sebesar Rp.35.000/orang. Namun harga itu belum termasuk fasilitas rafting. Jadi jika ingin rafting sobat semua bisa memesan paket wisata. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Pantai Indrayanti dan Pasir Putihnya yang Mempesona

Baca juga: Destinasi Wiisata Jogja: Goa Jomblang Gunung Kidul yang Mempesona

Fasilitas

  • Parkir sepeda motor Rp.2.000
  • Parkir mobil Rp.5.000
  • Parkir micro bus Rp.10.000
  • Parkir bus Rp.15.000
  • Rumah makan
  • Penginapan (dimulai dari harga Rp.50.000)
  • Mushola
  • Toilet
  • Pendopo

Namun Tempat Wisata Goa Pindul ini masih ditutup sementara untuk saat ini. Jika kalian ingin berwisara kesini kalian harus patuhi peraturan yang ada dan ikuti arahan dari pemandu.(FR)

Baca juga: Beberapa Tempat Rekomendasi Untuk Cari Makanan Murah dan Enak di Jogja

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Merapi Park Miniatur Landmark Dunia yang Ada di Jogja

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait