Destinasi Wiisata Jogja: Goa Jomblang Gunung Kidul yang Mempesona

Wisata —Rabu, 6 Oct 2021 13:02
    Bagikan  
Destinasi Wiisata Jogja: Goa Jomblang Gunung Kidul yang Mempesona
Destinasi Wiisata Jogja: Goa Jomblang Gunung Kidul yang Mempesona/pinterest

 MATAJOGJA

Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi. Di dalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Wisata ini di kelola oleh warga sekitar gua. Untuk turun kedalam guakita harus menggunakan perlengkapan sesuai standar keselamatan.

Kedalaman gua ini berkisar di 90 meter. Cahaya yang masuk dari mulut gua menciptakan pemandangan yang indah. Tetesan air dari langit-langit gua juga menambah kecantikan gua ini. Maka tak heran banyak orang yang kagum ketika datang kesini untuk melihat lukisan alam ini.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Spot Foto Menarik Di Kalibiru

Baca juga: Beberapa Tempat Rekomendasi Untuk Cari Makanan Murah dan Enak di Jogja

Lokasi dan Rute Goa Jomblang

Lokasi Luweng Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk rute ke Goa Jomblang yang bisa kamu ambil adalah melalui Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – kemudian menuju ke Wonosari dan lanjutkan ke Desa Pacareja. Atau untuk lebih detailnya anda bisa klik Google maps ini untuk beberapa rute yang bisa kamu tuju dari Jogja.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuk sendiri jika sobat menggunakan jasa operator tidak memiliki peralatan sobat harus membayar sekitar Rp. 450.00 sampai Rp.1.000.000. Namun jika sobat membawa peralatan sendiri harus meminta izin terlebih dahulu.

Jam Operasional

Goa Jomblang buka dari jam 8.00 sampai 14.00 WIB. Namun jika sobat ingin melihat pemandangan yang indah di rekomendasikan pada jam 10.00 sampai 12.00.

Fasilitas

  • Toilet umum
  • Penitipan barang
  • Mushola

Untuk tempat parkir sendiri hanya Rp.3.000 untuk sepeda motor.

Jika sobat tertarik sobat harus mematuhi peraturan yang berlaku dan ikuti arahan pemandu agar selamat. Semoga artikel ini membatu dan selamat berlibur.(FR)

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Merapi Park Miniatur Landmark Dunia yang Ada di Jogja

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo yang Berada di Bukit Menoreh

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait