Destinasi Wisata Jogja: Pantai Parangtritis Tempat Sunset Romantis

Wisata —Senin, 4 Oct 2021 12:42
    Bagikan  
Destinasi Wisata Jogja: Pantai Parangtritis Tempat Sunset Romantis
Destinasi Wisata Jogja: Pantai Parangtritis Tempat Sunset Romantis/google

JOGJA ,MATAJOGJA

Sebagian orang berwisata diakhir pekan untuk menghilangkan penat bekerja selama satu minggu. Berwisata juga bisa meningkatkan mood kita kala kita lelah dengan suasana perkotaan. Salah satu wisata yang digemari banyak orang adalah berwisata ke pantai.

Salah satu wisata pantai ikonik yang terletak di Jogja adalah pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis juga memiliki nilai simbolis yang berupa garis yang bersifat magis. Garis ini menghubungkan Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta. Pantai Parangtritis juga memiliki kaitan mitos yang erat dengan Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Ada mitos yang beredar di Parangtritis, yaitu wisatawan yang mengenakan pakaian berwarna hijau akan di seret oleh ombak Nyi Roro Kidul. Konon katanya Nyi Roro Kidul senang dengan warna hijau. Sebaiknya kita sebagai wisatawan jika berkunjung ke suatu tempat harus menjunjung dan menghormati adat istiadat setempat.

Baca juga: Resep Makanan Sedang Booming: Cara Membuat Corn Dog

Baca juga: Resep Sehat yang Sedang Booming: Cara Membuat Mango Smothie Bowl

Terlepas dari semua mitos diatas, pantai Parangtritis merupakan tempat yang indah. Semilir angin pantai dan suara deburan ombak menjadi obat penat setelah satu minnggu bekerja. Dipantai ini kita bisa mengelilingi pantai menggunakan motor ATV, kuda ataupun delman. Kita juga bisa melakukan olahraga seperti berlari, sepak bola, voli pantai, maupun berlari santai di pinggir ombak. Kita juga bisa hanya sekedar duduk-duduk santai menikmati suasana matahari terbenam.

 

Lokasi, Rute dan Jarak Tempuh

Lokasi pantai parangtritis ada di Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute dari kota Jogja  arah timur - perempatan Gondomanan - ke selatan - perempatan pojok benteng wetan - ringroad selatan (perempatan Druwo) - lurus terus - Pantai Parangtritis.

Baca juga: Resep Masakan Hits Khas Jogja: Cara Membuat Ayam Geprek Njogja Spesial

Baca juga: Resep Masakan Cocok Buat Anak Kost: Cara Membuat Bola Kornet

Harga Tiket Masuk dan Harga Fasilitas Lain-lain

  • Harga tiket masuk   :               10.000
  • Harga parkir motor :               2.000
  • Harga parkir mobil  :               5.000
  • Sewa ATV                   :               50.000 – Rp.100.000 / 15 menit
  • Sewa andong            :               50.000 / 1 putaran

Harga masuknya cukup terjangkau, namun jika sobat semua ingin naik ATV, andong atau lain sebgainya harus menyiapkan uang tambahan. Pantai ini buka dari jam 7.00 sampai jam 20.00 WIB.

Jika ingin berwisata saat masih masa pandemi seperti ini sebaiknya kita harus mematuhi prokes. Bila belum vaksin lebih baik kita menahan diri dulu untuk berwisata demi kesehatan kita dan orang banyak.

Bagaimana kawan? Apakah kalian tertarik? Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.(FR)

Baca juga: Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta yang Melegenda

Baca juga: Resep Camilan Khas Jepang: Cara Membuat Moci Kacang Spesial

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait