Legenda Jorogumo, Manusia Setengah Laba-Laba yang Ditakuti Masyarakat Jepang

Mystery —Rabu, 17 Nov 2021 15:46
    Bagikan  
Legenda Jorogumo, Manusia Setengah Laba-Laba yang Ditakuti Masyarakat Jepang
Legenda Jorogumo, Manusia Setengah Laba-Laba yang Ditakuti Masyarakat Jepang/Pinterest

MATAJOGYA-Selain negara maju yang banyak menciptakan alat canggih, jepang juga memiliki legenda dan kisah mistis yang terkenal. Salah satu legenda jepang yang terkenal ialah Legenda Jorogumo. 

Jorogumo adalah sosok yang memiliki wujud seperti manusia setengah laba-laba. sosok ini seringkali mengubah penampilannya menyerupai seorang wanita agar mudah untuk menggoda para pria dan memakannya.

Konon katanya sosok ini memiliki kekuatan yang sangat kuat dan kebal terhadap racun apapun. Jenis laba-laba yang mencerminkan sosok Jorogumo adalah jenis Nephila Clavata yang dapat ditemukan di seluruh dataran jepang kecuali Hokkaido. Di Indonesia, laba-laba jenis ini dikenal dengan sebutan laba-laba joro.

Baca juga: Misteri Dibalik Lagu Nina Bobo

Baca juga: Belajar Sejarah di Museum Purbakala Sangiran

Dalam kisah Yokainya, sosok Jorrogumo ini hidup menyendiri baik itu laba-laba ataupun Yokai. Diceritakan jika Jorogumo mencapai usia 400 tahun, mereka akan mendapatkan kekuatan gaib dan turun ke kota untuk memangsa manusia. Sosok ini membuat sarang di gua, hutan atau rumah-rumah yang tak berpenghuni.

Konon dalam cerita masyarakat kuno, mangsa utama Jorogumo adalah pria muda tampan yang tengah mencari cinta. Jorogumo akan mengundang pria yang disukainya kedalam rumah nya dan mulai menggoda pria itu. Jorogumo memiliki benang tak kasat mata yang mampu menarik pria yang kabur.

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dari semua kejadian. Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian. Semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka. /VR

Baca juga: Sinopsis Drama Reply 1988, Kisah Persahabatan dan Kehangatan Keluarga

Baca juga: Wisata Edukasi Agrowisata Bhumi Merapi

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait