Cara Self Healing Paling Efektif dan Metodenya

Kesehatan —Rabu, 29 Sep 2021 10:43
    Bagikan  
Cara Self Healing Paling Efektif dan Metodenya
Self Healing | Pinterest

MATAJOGJA- Self healing adalah penyembuhan diri mengacu pada proses pemulihan, dimotivasi oleh dan diarahkan oleh pasien, sering dibimbing hanya oleh naluri. Proses semacam itu bertemu kekayaan campuran karena sifatnya yang amatir, meskipun motivasi diri adalah aset utama. 

Terkadang kita sering tidak menyadari bahwa ada beberapa hal yang masih terpendam dalam alam bawah sadar kita. Di antaranya mungkin ada bekas luka atau trauma masa lalu yang masih mempengaruhi kehidupan kita sekarang.

Semua pengalaman dan perasaan, baik itu sedih, kecewa, atau pengalaman disakiti, dapat membuat suatu mekanisme pertahanan diri. Mekanisme ini akhirnya terbawa hingga dewasa, terutama ketika kita sedang merasa marah, sedih, atau kecewa.

Karena itu, penting untuk melakukan self-healing yang membantu kita mengatasi trauma yang dialami saat masih kecil atau di masa lalu kita.

Baca juga: Mengenal People Pleaser! Terlalu Berusaha Menyenangkan Orang lain

Metode Penyembuhan Mandiri

Jika berada dalam situasi lelah terhadap emosi, ada baiknya untuk segera diobati. Ada beberapa metode tertentu yang bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Jika masih bingung, berikut adalah penjelasan dari metode dalam cara melakukan penyembuhan mandiri.

1. Meluangkan Waktu Pribadi (Me Time)

Metode pertama adalah dengan cara meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ketika sedang berada dalam kondisi ‘bermasalah’, maka ada baiknya untuk meluangkan waktu terlebih dahulu. Isilah waktu ini untuk memfokuskan diri pada kebahagiaan. Tujuan dari adanya me time ini adalah untuk menyediakan ruang di mana bisa bebas.

Tidak ada salahnya untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum kembali ke berbaur dengan orang banyak. Selain itu, metode ini juga bisa meningkatkan kesadaran bahwa kehidupan yang di jalani saat ini adalah penuh makna. Buatlah dirimu sebagai pusat dari kebahagiaan itu sendiri.

2. Mindfulness

Metode kedua adalah mindfulness atau dikenal juga sebagai berpikir dengan kesadaran penuh. Dalam kondisi ini dimaksudkan dapat mengelola perasaan dan kondisi lingkungan lalu menghubungkannya ke berbagai titik dalam pikiran. Selain Itu, metode ini juga bisa berguna dalam memaknai setiap momen di kehidupan dunia.

Cara termudah untuk melakukan mindfulness adalah memfokuskan diri sambil memejamkan mata di tempat tenang. Lakukanlah pemfokusan tentang apa saja yang sudah dilakukan hingga detik ini. Metode ini juga bisa membuat kita lebih baik apabila dilakukan secara rutin sebelum beraktivitas.

Baca juga: Ini Cara Mengontrol Diri dan Menenangkan Pikiran Dari Amarah

3. Berdialog dan Berdamai Dengan Diri Sendiri

Lakukan dialog pada diri sendiri dan berusaha untuk berdamai. Dialog yang dimaksud disini adalah sebuah kondisi dimana kita mengatakan setiap yang ingin dikatakan. Dialog in bertujuan untuk melatih kita dalam mengatakan kejujuran pada diri sendiri.

Lalu, bagaimana dengan berdamai? Jika kita sudah jujur dengan diri sendiri, maka berikutnya adalah berdamai. Setiap orang pasti memiliki pengalaman tidak menyenangkan tersendiri. Tapi, jangan biarkan hal tersebut mengambil alih seluruh dirimu.

Ingatlah bahwa semua itu sudah terjadi. Kita tidak perlu menyalahkan keadaan karena keadaan itu sendiri yang akan membantu kita dalam berkembang.

4. Self Compassion

Dalam penyembuhan mandiri, ada sebuah istilah yang sering disebut dengan self compassion. Artinya, ini merupakan sebuah kemampuan dalam diri manusia dalam memahami dan merespons setiap emosi dan penderitaan. Metode ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Tujuan dari self compassion ini adalah untuk meningkatkan rasa peduli terhadap diri sendiri.

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait