Mengenal People Pleaser! Terlalu Berusaha Menyenangkan Orang lain

Kesehatan —Selasa, 28 Sep 2021 16:38
    Bagikan  
Mengenal People Pleaser! Terlalu Berusaha Menyenangkan Orang lain
People pleaser | Pinterest

MATAJOGJA- People pleaser adalah sebutan bagi seseorang yang selalu berusaha melakukan atau mengatakan hal yang menyenangkan orang lain, meski bertentangan dengan apa yang ia pikirkan atau rasakan. Semua itu dilakukan agar orang lain tidak kecewa padanya.

Tentu saja jika dilakukan terus-terusan akan merugikan dirimu sendiri.

Kenali Tanda People Pleaser

Tanda yang paling terlihat dari people pleaser adalah sulit untuk mengatakan tidak atau menolak permintaan seseorang. People pleaser akan berusaha keras untuk melakukan hal yang diminta orang lain demi kebahagiaan orang tersebut.

Baca juga: Ini Cara Mengontrol Diri dan Menenangkan Pikiran Dari Amarah

Selain itu, ada beberapa tanda yang bisa dikenali pada people pleaser, antara lain:

  • Merendahkan diri sendiri
  • Selalu setuju dengan pendapat orang lain dan mengabaikan pendapat pribadi untuk menghindari perdebatan
  • Merasa bertanggung jawab atas perasaan orang lain
  • Meminta maaf atas hal-hal yang sebenarnya tak perlu
  • Menyalahkan diri sendiri
  • Tidak memiliki banyak waktu luang untuk diri sendiri
  • Merasa takut jika ada orang yang marah
  • Membutuhkan pujian untuk merasa berharga
  • Tidak pernah pengakui perasaan sendiri, baik itu saat sedih atau marah
  • Selalu mau membantu orang lain, tapi sungkan menerima bantuan

Baca juga: Mengenal Crab Mentality atau Iri Dengan Keberhasilan Orang Lain

Cara Berhenti Menjadi People Pleaser

1. Kebahagiaan Diri Sendiri adalah Prioritas Utama

Cara berhenti menjadi people pleaser yang pertama adalah mengingat jika kebahagiaan diri sendiri adalah prioritas utama. Kebahagiaan bukan dicari, tetapi harus bisa diciptakan oleh diri sendiri. Jika selalu menggantungkan kebahagiaan dengan cara membahagiakan orang lain, maka kamu tidak akan mengerti bagaimana rasanya jika diri sendiri bahagia.

2. Lebih Tegas Dalam Berkata dan Bertindak

Langkah selanjutnya untuk berhenti menjadi people pleaser adalah dengan tegas dalam berkata dan bertindak. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak disepelekan orang lain. Jika kamu bersifat lembek, maka akan berisiko dimanfaatkan oleh orang lain. Jadi, mulai sekarang usahakan untuk selalu bertindak dan berkata tegas pada siapapun.

3. Hidup yang Dimiliki Bukan untuk Orang Lain

Seorang people pleaser perlu mengatur ulang mindset yang tertanam di otak. Kamu perlu mengingat jika dirimu bukanlah alat untuk membahagiakan orang lain. Kamu perlu menyadari jika kamu bukan hidup untuk orang lain. Carilah kebahagiaan diri sendiri tanpa mengedepankan kepentingan siapa pun. Manfaatkan hidup dengan sebaik-baiknya, karena waktu yang telah terbuang sia-sia tidak akan bisa kembali lagi.

Baca juga: Mengenal Hypophrenia: Merasa Sedih Tapi Tidak Tahu Penyebabnya

4. Mulai Sekarang Harus Berani Menolak Permintaan

Salah satu penyebab seseorang menjadi people pleaser adalah ketidakberanian untuk mengatakan tidak pada orang lain. Mulai sekarang, kamu harus berani mengatakan tidak, terutama jika orang lain memiliki permintaan yang merugikan diri sendiri. Menolak dapat dilakukan secara baik-baik atau tegas.

5. Jangan Ingin Terlihat Baik di Mata Orang

Jangan ingin terlihat baik di mata orang lain, tetapi berujung merugikan diri sendiri. Kamu sendiri harus bisa membedakan mana yang baik, dan mana yang hanya dimanfaatkan karena terlalu baik. Kamu harus pintar dalam mengenai batasan atas sikap yang kamu miliki.
Seorang people pleaser akan selalu berusaha menyenangkan orang lain dengan berbagai cara, bahkan jika itu merugikan diri sendiri. Membantu dan dimanfaatkan memiliki arti yang berbeda,

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait