Mengenal Crab Mentality atau Iri Dengan Keberhasilan Orang Lain

Kesehatan —Senin, 27 Sep 2021 14:31
    Bagikan  
Mengenal Crab Mentality atau Iri Dengan Keberhasilan Orang Lain
Crab Mentality | Pinterest

MATAJOGJA- Crab mentality membuat individu merasa tidak suka atau iri dengan keberhasilan orang lain. Apabila tidak segera dihilangkan, mentalitas kepiting dapat berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan orang lain.

Perilaku ini mungkin kerap Anda lihat di dunia nyata ketika beberapa orang dalam suatu kelompok mencoba menjatuhkan orang (yang juga satu kelompok dengan mereka) mengalami kemajuan. Beberapa contoh perilakunya adalah mengkritik, meremehkan, hingga memanipulasi orang.
Pernahkah Anda melihat beberapa ekor kepiting di dalam ember yang mencapit satu sama lain ketika salah satu di antara mereka akan naik? Faktanya, hal tersebut juga terjadi di dunia nyata dan disebut sebagai crab mentality (mental kepiting).
Faktor penyebab munculnya crab mentality Ada beberapa hal yang menyebabkan fenomena crab mentality ini terjadi. Salah satunya, seperti dikutip dari Develop Good Habits, adalah ketergantungan manusia dalam hidup berkelompok.
Umumnya, manusia bergabung satu sama lain untuk memudahkan mereka mencapai tujuan bersama. Sementara itu, hidup berkelompok juga berarti akan ada persaingan dalam hal makanan dan pasangan. Sementara melansir Psychology Today, mentalitas kepiting dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti cemburu, malu, dendam, harga diri yang rendah, hingga sifat kompetitif.

Crab mentality menghasilkan hubungan yang tidak sehat dalam sebuah kelompok karena tidak akan menguntungkan siapa pun. Kritik terhadap kesuksesan dan kebahagiaan orang lain tidak akan benar-benar mengangkat Anda ke level yang sama meskipun terasa seperti itu.

Walaupun sindrom ini menghasilkan perasaan positif terhadap orang yang melakukannya, tidak menutup kemungkinan efeknya tidak berlangsung lama. Pasalnya, akan selalu ada orang yang lebih kaya, pintar, dan beruntung dari orang lain.

Crab mentality membuat individu merasa tidak suka atau iri dengan keberhasilan orang lain. Apabila tidak segera dihilangkan, mentalitas kepiting dapat berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan orang lain.

Baca juga: Mengenal Social Anxiety Disorder atau Gangguan Kecemasan Sosial: Tanda, Gejala, dan Pencegahannya

Tanda-tanda seseorang mempunyai crab mentality

Ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mempunyai crab mentality. Tanda tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku mereka sehari-hari, seperti:

  • Mempunyai pikiran ‘jika saya tidak bisa mendapatkannya, begitu juga Anda’
  • Merasa iri dan kesal ketika orang lain berhasil mendapatkan apa yang diinginkan
  • Menanggapi keberhasilan orang lain dengan memberikan komentar yang bersifat meremehkan
  • Berpikir bahwa keberhasilan yang didapatkan oleh orang lain tak lepas dari faktor keberuntungan maupun hak istimewa (privilege), bukan atas hasil usahanya sendiri

Baca juga: Cara Merawat Wajah Dengan Pelembab yang Tepat Sesuai Kulit Wajah

Cara mengatasi crab mentality

Crab mentality adalah mentalitas yang dapat dihilangkan. Namun, diperlukan usaha yang keras dari Anda untuk dapat menghilangkan mentalitas buruk ini. Cara mengatasi mentalitas kepiting adalah dengan belajar dari kegagalan dan terus mengasah kemampuan.

Rasa kurang percaya diri membuat Anda terjebak dalam crab mentality. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, terus asah kemampuan untuk menjadi lebih baik lagi.

Saat Anda mengalami kegagalan, cobalah untuk mengidentifikasi apa yang jadi penyebabnya, lalu lakukan perbaikan. Dengan begitu, Anda dapat bersaing secara sehat dalam mencapai tujuan tertentu.

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait