Legenda Rakyat Irlandia Mengenai Asal Usul Jack-o’-Lantern

Horor —Selasa, 12 Oct 2021 14:06
    Bagikan  
Legenda Rakyat Irlandia Mengenai Asal Usul Jack-o’-Lantern
Legenda Rakyat Irlandia Mengenai Asal Usul Jack-o’-Lantern/pinterest

MATAJOGJA

Jack-o’-Lantern merupakan lentera dari labu kuning yang di ukir dan dalamnya diberi lilin. Pada awalnya lentera ini hanya berbentuk seperti mahluk menyeringai saja, namun seiring berjalannya waktu labunya banyak di ukir menjadi sosok yang lucu, bahkan sampai ada yang mengukirnya menyerupai orang terkenal.

Jack-o’-Lantern banyak dijumpai pada perayaan Halloween yang di selenggarakan pada akhir bulan Oktober. Perayaan Halloween di dasarkan pada festival Celtic Samhain. Celtic Samhain merupaka  sebuah perayaan Inggris kuno dan Irlandia yang menandai akhir dari musim panas dan awal tahun baru pada 1 November.

Tapi tahukah kalian jika lentera labu dan Halloween sendiri berasal dari cerita rakyat Irlandia. Cerita ini banyak variasinya tergantung sang penceritanya. Namun hampir semua cerita hampir melibatkan pemabuk yang cerdik dan berhasil mengelabui Iblis.  

Baca juga: Paolo Maldini, Sang Kiblat Pemain Bertahan

Baca juga: Beberapa Rekomendasi Cemilan yang Lagi Viral di Indonesia

Jack-o’-Lantern merupakan cerita rakyat Irlandia yang beredar pada abad 18. Ceritanya berawal dari seorang pemabuk cerdik bernama Jack. Jack mengajak Iblis untuk minum bersama Jack. Iblis pun mematuhinya.

Tapi kesalah pahaman terjadi ketika tagihan minuman datang. Jack kira Iblis akan membayarkan semua tagihannya. Tetapi Iblis pun berpikir demikian. Mereka berdua kebingungan. Melihat situasi ini, Jack mempunyai akal. Jack meminta Iblis berubah menjadi enam koin emas. Iblis menurutinya dan Jack berhasil membayar minumannya. Jack menyimpan beberapa koin sisanya didalam sakunya.

Setelah rencana berhasil, Jack beristirahat dan bersender di sebelah sebuah salib perak. Iblis meronta kesakitan karena didekatkan dengan benda itu. Iblis meminta untuk dikeluarkan dari saku Jack dan Jack pun mematuhinya. Sebelum di keluarkan Jack meminta agar Iblis tidak menemuinya selama sepuluh tahun. Tanpa pikir panjang Iblis menyetujuinya.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Goa Kidang Kencana dengan Pesona Sungainya

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Bermain Air dan Berfoto di Taman Sungai Mundal

Setelah sepuluh tahun berlalu, Iblis kembali mendatangi Jack untuk membawanya ke neraka. Namun Jack lagi-lagi memiliki cara pintar agar terhindar dari ajakan Iblis. Jack meminta Iblis memetikanya sebuah apel yang berada di atas pohon. Iblis menuruti permintaan Jack tersebut.

Pada saat Iblis hendak turun, Jack menaruh sebuah salib di bawah pohon apel tersebut. Alhasil Iblis tidak bisa turun. Iblis meminta tolong pada Jack untuk di singkirkan salibnya, tetapi Jack meminta sebuag syarat agar Jack tidak di masukan ke neraka. Perjanjian itu di setujui oleh Iblis dan Jack selamat dari ajakan Iblis.

Namun pada saat Jack meninggal, malaikat penjaga surga tak mau menerima Jack karena dosa-dosanya. Ia juga tidak di terima di neraka karena perjanjiannya dengan Iblis. Jack pun berada di alam antara surga dan neraka yang sangat gelap.

Pada situasi ini Iblis berbalik menjahili Jack, dengan melemparkan batu-batu bara kecil dari neraka kepada Jack. Jack tidak kehabisan akal, ia mengukir labu menyerupai wajah iblis dan memasukan batu bara itu kedalam labu. Jack pun kembali mengejek iblis dengan menunjukan lentera yang ia buat pada Iblis.(FR)

Baca juga: Fadli Padi Berkunjung Ke Rumah Ganjar Pranowo Karena Hobi Baru

Baca juga: Mitos Mengenai Boneka Robert atau Robert The Doll

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait