Wasit yang Dijuluki Pemain ke 12 Manchester United. Howard Webb

Dunia Bola —Senin, 25 Oct 2021 13:56
    Bagikan  
Wasit yang Dijuluki Pemain ke 12 Manchester United. Howard Webb
Wasit yang Dijuluki Pemain ke 12 Manchester United. Howard Webb/pinterest

MATAJOGJA

Sepak bola menyajikan pertandingan dan kisah-kisah unik mengenai laga, pemain, atau pelaithnya. Namun tak hanya berasal dari pemain dan pelatih saja kisah yang menarik dalam sepak bola. Seorang wasit pun kadang memiliki kisah yang menarik perhatian sendiri.

Seperti salah satu wasiit yang cukup menarik perhatian para penggemar sepak bola saat masih aktif berkarir adalah Howard Webb. Wasit asal Inggris ini menorehkan banyak prestasi dan kontroversi selama 25 tahun karirnya sebagai wasit.

Puncak karir dari Howard Webb adalah pada tahun 2010, dimana ia menjadi wasit yang memimpin final Liga Champions dan Final Piala dunia pada tahun yang sama. Sedangkan untuk kontroversinya sendiri ia pernah diberhentikan dari kompetisi Euro pada tahun 2008 karena memberikan hadiah penalti bagi Austia pada masa perpanjangan waktu dilaga Austria vs Polandia. Karena penalti tersebut kemenangan Polandia harus buyar karena skor menjadi 1-1.

Baca juga: Chelsea vs Norwich. Menang Telak Dengan Skor 7-0, Chelsea Berada Dipuncak Klasemen

Howard Webb bahkan diancam pembunuhan oleh suporter Polandia dan Perdana Mentri Polandia pasa saat itu Donald Tusk. Selain itu Howard Webb juga adalah wasit yangs sering dikaitkan dengan Manchester United. Banyak yang mengaitkan bahwa Howard adalah fans MU, sehingga kala ia memimpin laga MU Howard selalu memberikan keputusan yang menguntungkan MU.

Ia juga bahkan dijuluki sebagai pemain ke-12 MU oleh banyak pihak dan fans rival dari Manchester United. Berdasarkan data, Howard Webb sering memberikan keuntungan pada Manchester United yakni, 12 kali penalti dalam karirnya sebagai wasit. Sedangkan rivalnya seperti Liverpool hanya mendapat setengahnya yaitu, 6 penalti sepanjang karirnya.

Padahal kedua klub tersebut merupakan klub yang paling sering Howard pimpin laganya. Howard memimpin laga untuk Manchester United sebanyak 19  kali. Sedangkan untuk Liverpool ia memimpin laga sebanyak 20 kali.

Tetapi, meski pun dipenuhi kontroversi Howard Webb yang mantan pensiunan polisi ini merupakan salah satu wasit Inggris terbaik. Kerajaan Inggris bahkan memberikan ia medali istimewa dimana hanya ada dua wasit yang mendapatkan medali ini. Wasit yang pernah merimanya adalah Howard Webb dan Graham Poll.

Howard Webb telah pensiun dari profesinya sebagai pengadil lapangan pada tahun 2014. Meski demikian wasit ini akan selalu diingat oleh para penggemar sepak bola terutama fans rival MU dan publik Polandia.(FR)

Baca juga: Cara Membuat Slime Sendiri Dengan Mudah

Baca juga: Manchester United vs Liverpool. Liverpool Menangan Telak di Kandang Rival

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait