Battle of Nuremberg, Brutalanya Laga Portugal vs Belanda Piala Dunia 2006

Dunia Bola —Sabtu, 23 Oct 2021 17:13
    Bagikan  
Battle of Nuremberg, Brutalanya Laga Portugal vs Belanda Piala Dunia 2006
Battle of Nuremberg, Brutalanya Laga Portugal vs Belanda Piala Dunia 2006/pinterest

MATAJOGJA

Piala dunia merupakan ajang sepak bola empat tahunan sekali yang paling di tunggu-tunggu semua orang. Pasalnya klub yang lulus sleksi untuk bermain di piala dunia ini sangat sulit. Selain persaingan yang ketat ajang ini juga merupakan pertandingan yang keras bagi beberapa timnas.

Pada piala dunia 2006, babak 16 besar yang mempertemukan timnas Portugal dan timnas Belamda akan sangat dikenang oleh publik saat itu. Laga yang di gelar di stadion Max-Morlock Stadium, Nuremberg, Jerman pada tangga 25 Juni ini bisa di bilang salah satu laga tersadis di piala dunia.

Pertandingan yang di kenang dengan “Battle of Nuremberg” ini juga menjadi saksi brutalnya kedua tim selama 90 menit dilapangan. Wasit Ivanov dari Rusia pun mengeluarkan total 16 katru kuning dan 4 kartu merah.

Ketika laga dimulai dua menit, Mark Van Bommel langsung diganjar kartu kuning setelah melakukan tackle pada Cristiano Ronaldo. Khalid Boulahrouz pun diganjar kartu kuning setelah enam menit berselang dari kartu kuning pertama usai melanggar Cristiano Ronaldo juga. Pelanggaran dari Khalid membuat Cristiano harus di tarik keluar lapangan.

Baca juga: Jorge Masvidal Peraih Rekor KO Tercepat di UFC

Pada menit ke-20, Portugal pun turut serta membuka koleksi kartu. Maniche mendapat kartu kuning usai melanggar Mark Van Bommel. Namun 3 menit kemudian Maniche mampu mencetak gol untuk Portugal melalui sepakan yang terarah.

Jelang berakhir babak peratama Costinha mendapatkan dua kartu kuning berturut-turut setelah melakukan tackle dan menahan bola menggunakan tangannya. Ia diusir keluar lapangan dengan kartu mertah. Portugal terpaksa bermain dengan 10 pemain sebelum turun minum.

Babak kedua dimulai, hujan kartu tidak berhenti. Armando Teixeira diberikan kartu kuning usai dianggap menarik Van Bommel pada menit ke-50. Kartu kunik ke 7 dan 8 datang bersamaan pada menit ke-60. Giovani Van Bronckhorst usai tacklenya pada Deco. Pada momen itu juga Figo mendapat kartu kuning usai terlibat adu jotos dengan Van Bommel. Tiga menit berselang Boulahrouz di usir keluar lapangan dengan kartu merah setelah mendapat kartu kuning keduanya.

Baca juga: Arsenal vs Aston Villa, Arsenal Menggasak Aston Villa Dengan Skor 3-1

Kartu kuning ke-10 diberikan wasit pada Deco usai tackle telaknya pada John Heitinga. Sneijder dan Van Vaart juga tak luput dari kartu karena  terlibat aksi saling dorong. Menit ke-76 Ricardo, kiper dari Portugal pun mendapat kartu karena dinilai protes terlalu keras.

Nuno Valente menjadi tersangka berikutnya setelah menendang Van Persie belakang dan mendapat kartu kuning. Deco harus mendapatkan kartu kuning keduanya karena dinilai mengulur waktu menjelang akhir laga. Kartu merah terakhir di terima Van Bronckhorst setelah pelanggaran di akhir laga.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan tak ada gol tercipta lagi. Portugal lolos ke babak berikutnya berkat gol tunggal dari Maniche. Namun meski begitu yang paling diinngat bukanlah golnya, tetapi aksi brutal dari para pemain.(FR)

Baca juga: Persib Bandung vs PSS Sleman, Persib Berhasil Come Back Dengan Skor 4-2

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait