Paolo Maldini, Sang Kiblat Pemain Bertahan

Dunia Bola —Senin, 11 Oct 2021 14:13
    Bagikan  
Paolo Maldini, Sang Kiblat Pemain Bertahan
Paolo Maldini, Sang Kiblat Pemain Bertahan/pinterest

MATAJOGJA 

Paolo Cesare Maldini atau lebih akrab disebut dengan Paolo Maldini merupakan seorang bek tangguh yang pernah di miliki AC Milan atau bahkan dunia. Pria kelahiran Milan pada 26 Juni 1968 merupakan contoh seorang kapten dan pemain bertahan yang tangguh.

Pada awal karirnya Maldini bermain bagi bek kanan, lalu berubah menjadi bek kiri, dan bermain menjadi bek tengah menjelang akhir karirnya. Maldini sangat terkenal dengan tackle keras dan akurat. Namun ia hanya mengoleksi 1 kartu merah selama karirnya. Bahkan sampai pemain sekelas Ronaldo Nazario pun mengakuinya bahwa ia adalah salah satu pemain yang sulit dihadapinya dan ia sangat layak mendapatkan Ballon d’Or.

Paolo maldini tertacat beara dijajaran bek terbaik selama dua setengah dekade. Bisa dibilang kalau Maldini tahu betul dengan sepak bola lama dengan sepak bola modern. Maldini juga di anugerahi penghargaan pemain bertahan terbaik dalam usia 39 tahun. Maldini pernah menduduki posisi 3 Ballon d’Or dalam dua kali kesempatan yaitu pada tahun 1994 dan tahun 2003.

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Goa Kidang Kencana dengan Pesona Sungainya

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Bermain Air dan Berfoto di Taman Sungai Mundal

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Puncak Kosakora Bukit Pesisir Pantai dengan Pemandangan Cantik

Tidak hanya di AC Milan Maldini juga adalah seorang kapten di timnas Italia selama bertahun-tahun. Ia di anggap sebagai pemimpin oleh tema temannya di timnasbahkan ia sampai dijuluki “Il Capitano”(Sang Kapten). Dalam pentas Serie A bersama AC Milan Maldini memberikan penampilan sebanyak 1013 kali dengan 98 gol yang dikoleksi.

Ia mengawali karirnya di Milan Junior pada tahun 1978 pada usia 10 tahun. Sedangkan untuk level timnas Maldini bergabung dengan Itakia U-21 dari tahun 1986 sampai tahun 1988 dan ia berlanjut sampai masuk timnas senior dan mengakhir karir timnas pada tahun 2002.

Selain peraih banyak rekor di klub yang di belanya, Maldini mempunyai rekor penampilan terbanyak di italia meski belum pernah meraih rekor internasional. Maldini pernah berpartisipasi di empat piala dunia, ia turut serta dalam final Piala Dunia 1994. Ia juga berpartisipasi sebanyak tiga kali bagi Italia di ajang Piala Eropa.

Dari awal karirnya Maldini hanya memiliki satu seragam saja yaitu seragam merah dan hitam milik tim yang berjuluk Rossoneri saja. Namun di akhir karirnya ia mendapatkan banyak cemoohan dari ultras Milan. Maldini pernah mengatakan bahwa ultras hanya gelandangan yang mencari uang saja. Kata tersebut ia lontarkan pada saat laga AC Milan melawan Liverpool.(FR)

Baca juga: Destinasi Wisata:Outbound Spot Foto Menarik di Desa Semilir

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Melihat Jejak Manusia Purba di Goa Rancang Kencono

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Berseluncul dan Berfoto Gumuk Pasir Parang Kusumo  

Baca juga: Destinasi Wisata Jogja: Berseluncul dan Berfoto Gumuk Pasir Parang Kusumo  

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait